Rangkaian kata membuat sebuah cerita #16

Pertemuan 16 (10 Juli 2014)
Haaaa? Keberapa? 16? Pertemuan terakhir dong Akhirnyaaa sampai juga di ujung jalan perjuangan panjang selama ini *ceileeeh* Hari ini merupakan titik puncak kami melakukan evaluasi hasil belajar selama ini. Lebih tepatnya hari ini kami Ujian Akhir Semester, lagi-lagi statistika lanjut berada di posisi paling awal loh. Tapi ada yang berbeda lagi nih, kali ini UAS nya itu boleh dibawa pulang alias Take Home. Mohon doanya ya teman-teman semoga diberi kelancaran dan bisa mendapatkan hasil akhir yang terbaik  Aamiin..
Dengan berakhirnya cerita ini berakhir pula ‘Rangkaian kata’ dari saya, semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi semuanya yaa. Sampai jumpa^^

Rangkaian kata membuat sebuah cerita #15

Pertemuan 15 (2 Juli 2014)
Ada materi baru nih di pertemuan kali ini. Rabu ini kami diperkenalkan dengan yang namanya Uji validitas dan Uji reliabilitas. Dari namanya aja saya udah nebak materi ini bakal penting banget selama kami menjadi guru nanti hehe. Seperti biasanya ternyata kedua uju ini juga menggunakan rumus yang seabrek. Untungnya Pak Rully memberi tahu kami cara yang lebih mudah untuk melakukan uji validitas dan uji reliabilitas ini tapi cara pintas ini harus menggunakan bantuan excel. Kesimpulan yang dapat saya ambil dari materi kali ini adalah suatu data yang valid sudah pasti reliable, sedangkan suatu data yang reliable belum tentu valid. Sekian dan terima kasih.

Rangkaian kata membuat sebuah cerita #14

Pertemuan 14 (25 Juni 2014)
Wah gak terasa udah pertemuan ke-14 nih 😀 Pertemuan kali ini agak menegangkan. Wuihhh kira-kira ada apa ya? Karena ini udah semakin deket dengan jadwal UAS jadinya Pak Rully mengadakan review mendadak secara keseluruhan. Seisi kelas juga kebagian pertanyaan termasuk saya. Agak gugup jugas sih pas Pak Rully nanya tapi untung masih bisa jawab walaupun ngarang dan gaktau bener atau salah hahaha 😀 wah berarti lain kali harus lebih banyak baca-baca materi dulu nih biar udah siap duluan sebelum perang. Sekian dulu ya!

Rangkaian kata membuat sebuah cerita #13

Pertemuan 13 (18 Juni 2014)
Hai teman-teman hari ini kami dapet bonus lagi nih. Bonus 1 kali pertemuan bersama Pak Rully maksudnya. Yups, hari ini kami mengadakan kuliah tambahan lagi dikarenakan minggu lalu Pak Rully sedang berhalangan untuk hadir. Perkuliahan di pagi hari berlangsung seperti biasanya, tapi saat perkuliahan siang hari ada yang berbeda nih sobat. Penasaran? Jadi gini ceritanya, karena kami kesulitan untuk mendapatkan ruangan perkuliahan maka Pak Rully memutuskan untuk mengadakan perkuliahan di Plasa sure. Gokil kan? Eits tapi ternyata seru juga loh walaupun awalnya juga agak kurang kondusif hehe. Sesuai dengan yang diberitahukan pagi tadi, siang ini kami mengadakan kuis two way dengan interaksi. Uniknya, Pak Rully tidak mengawasi kami secara langsung. Setelah memberikan soal kuis beliau membacakan beberapa peraturan yang harus kami patuhi. Peraturannya adalah apa saja yang kami gunakan dalam membantu proses pengerjaan kuis tersebut harus kami tuliskan di ujung kanan kertas jawaban kuis tersebut. Karena saya menggunakan kalkulator dan membuka buku catatan sendiri jadi saya menuliskan semua itu di akhir jawaban saya. Mungkin Pak Rully disini berusaha untuk melatih kejujuran kami. Alhamdulillah sudah berusaha untuk jujur, semoga mendapatkan hasil terbaik

Rangkaian kata membuat sebuah cerita #12

Pertemuan 12 (18 Juni 2014)
Rabu ini saya terlambat masuk kelas, wah saya merasa tidak enak nih apalagi ternyata Pak Rully sudah datang lebih dulu*jangan ditiru ya hehe* Hari ini kebetulan yang dapet giliran untuk cerita inspirasi adalah teman sekamar saya sendiri, Sri Ratna Dewi. Ia berbagi pengalaman menariknya ketika mengikuti KNM di ITS Surabaya. Hikmah dari cerita Sri adalah perbanyaklah belajar dari mereka-mereka yang sudah hebat dan menginspirasi karena siapa tahu suatu saat nanti kita juga bisa menginspirasi seperti mereka. Nah ada yang berbeda di pertemuan kali ini, tidak seperti biasanya yang hanya satu orang bercerita, kali ini Pak Rully meminta Ayu Mentari untuk bercerita juga tentang pengalamannya setelah dinobatkan menjadi “Best tutor” pada program ToT OCBC. Wah ternyata cerita dari Ayum sangat menginspirasi kami semua, terlebih lagi Ayum juga memotivasi kami untuk menjadi calon guru yang berkualitas. Terima kasih ya Sri dan Ayum atas ceritanya, sangat menginspirasi loh hehe. Akhir kata, teruslah berkarya untuk negeri ini ya teman-teman! 

Rangkaian kata membuat sebuah cerita #11

Pertemuan 10 (28 Mei 2014)
Pertemuan kali ini giliran teman kami yang bernama Marini Oktaria bercerita tentang pengalaman menariknya. Ia menceritakan pengalamannya selama berjualan di Jakarta Book Fair, oh iya produk yang dijual marini merupakan barang kerajian tangan khas Jepang yang dibuat sendiri oleh marini dkk loh hehe. Hikmah dari ceritanya adalah jangan takut mencoba, karena kalau kita belum pernah mencoba kita tidak akan pernah tahu rasanya mencapai kesuksesan itu seperti apa. Terima kasih ya Marini atas sharingnya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekarang waktunya kita masuk ke materi ya teman-teman. Wah sepertinya ada yang baru nih. Ternyata kami masuk ke materi baru hari ini, yaitu ANOVA(Analisis of Varians). Hmm materi baru berarti butuh pemahaman yang baru juga. Biar bisa paham ya harus belajar lebih rajin nih sebelumnya. Jujur, saya belum sempat membaca tentang materi itu hari ini akibatnya saya belum terlalu paham tentang ANOVA. Tapi saya sudah berjanji kepada diri saya sendiri di pertemuan selanjutnya harus baca modul dulu sebelum masuk kelas hehe Semangat! 😀

Rangkaian kata membuat sebuah cerita #10

Pertemuan 10 (28 Mei 2014)
Pertemuan kali ini giliran teman kami yang bernama Marini Oktaria bercerita tentang pengalaman menariknya. Ia menceritakan pengalamannya selama berjualan di Jakarta Book Fair, oh iya produk yang dijual marini merupakan barang kerajian tangan khas Jepang yang dibuat sendiri oleh marini dkk loh hehe. Hikmah dari ceritanya adalah jangan takut mencoba, karena kalau kita belum pernah mencoba kita tidak akan pernah tahu rasanya mencapai kesuksesan itu seperti apa. Terima kasih ya Marini atas sharingnya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekarang waktunya kita masuk ke materi ya teman-teman. Wah sepertinya ada yang baru nih. Ternyata kami masuk ke materi baru hari ini, yaitu ANOVA(Analisis of Varians). Hmm materi baru berarti butuh pemahaman yang baru juga. Biar bisa paham ya harus belajar lebih rajin nih sebelumnya. Jujur, saya belum sempat membaca tentang materi itu hari ini akibatnya saya belum terlalu paham tentang ANOVA. Tapi saya sudah berjanji kepada diri saya sendiri di pertemuan selanjutnya harus baca modul dulu sebelum masuk kelas hehe Semangat! 😀